PROGRAM
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
UPAYA
MENINGKATAN MINAT PENDIDIKAN DENGAN
MEMBUAT PERPUSTAKAAN
(
Di Masjid At-taqwa Di Desa: Suka Damai Baru. Muba, Palembang )
Program
ini dibuat untuk memenuhi tugas
matakuliyah : Manajemen Pengembangan
Masyarakat
Dosen
pengampu : Abdur Rozaki , S. Ag, M.Si
Disusun
oleh: indah masruroh 10230025
PRODI PENGEMBANG MASYARAKAT ISLAM
FAKULTAS DAKWAH
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2011
PROGRAM
KERJA
A.
LATAR
BELAKANG MASALAH
Memasuki abad ke- 21 dunia
pendidikan di Indonesia menjadi heboh. Kehebohan tersebut bukan disebabkan oleh
kehebatan mutu pendidikan nasional tetapi lebih banyak disebabkan karena
kesadaran akan bahaya keterbelakangan pendidikan di Indonesia. Perasan ini
disebabkan karena beberapa hal yang mendasar.
Salah satunya adalah memasuki abad
ke- 21 gelombang globslisasi dirasakan kuat dan terbuka. Kemajaun teknologi dan
perubahan yang terjadi memberikan kesadaran baru bahwa Indonesia tidak lagi
berdiri sendiri. Indonesia berada di tengah-tengah dunia yang baru, dunia
terbuka sehingga orang bebas membandingkan kehidupan dengan Negara lain. Yang
kita rasakan sekarang adalah adanya ketertinggalan di dalam mutu pendidikan.
Baik pendidikan formal maupun informal. Dan hasil itu diperoleh setelah kita
membandingkannya dengan Negara lain. Pendidikan memang telah menjadi penopang
dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia untuk pembangunan bangsa.
Setelah kita amati, Nampak jelas
bahwa masalah yang serius dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia adalah
rendahnya mutu pendidikan di berbagai jenjang pendidikan, baik pendidikan
formal maupun informal. Dan hal itulah yang menyebabkan rendahnya mutu
pendidikan yang menghambat penyediaan sumber daya menusia yang mempunyai
keahlian dan keterampilan untuk memenuhi pembangunan bangsa di berbagai bidang.
Oleh sebab
itu saya ingin membuat program “ UPAYA MENINGKATAN
MINAT PENDIDIKAN DENGAN MEMBUAT
PERPUSTAKAAN “ di Desa Suka Damai
Baru, Kec. Sungai Lilin, Kab. Muba, Palembang. Yaitu dengan membuat
perpustakaan di masjid At-taqwa. Dengan tujuan menumbuhkan minat untuk mau
membaca dan menulis di kalangan masyarakat Serta menyadarkan mereka tentang
betapa pentingnya pendidikan itu sendiri.
B.
RUMUSAN
MASALAH
1. Bagaimana
minat pendidikan di kalangan masyarakat di Desa Suka Damai Baru?
2. Sejauh
mana minat masyarakat dalam membaca buku?
C. TAHAPAN-TAHAPAN PRPGRAM
1. TAHAP PERSIAPAN.
a.mencari
kontak person.
·
Untuk berkomunikasi
dengan pemerintah atau penguasa setempat.
·
Mencari tempa
tinggal (selama kegiatan berlangsung)
·
Untuk
berkomunikasi dengan masyarkat yang menjadi sasaran di Desa Suka Damai Baru
b. Memahami
lokasi yang ada di Desa Suka Damai Baru
Fasilitator kegiatan program mengadakan
peninjauan atau observai terhadap lokasi yang di maksud
Ø Meninjau
letak kesetrategisan lokasi
Ø Meninjau
lokasi untuk memahami serta mengidentifikasi potensi dan modal sosial
masyarakat .
Ø Meminta
izin dengan penguasa serta masyarakat setempat.
Ø Mempersiapkan
segala kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan dalam program yang akan di canangkan
di desa tersebut.
1. TAHAP
ASSESSMENT.
·
Mengenali peta
problem yang ada di Desa Suka Damai Baru.
o
Mencatat
orang-orang yang mempunyai minat untuk belajar.
o
Mencatat tingkat
pendidikan mereka (masyarakat di Desa Suka Damai Baru)
o
Mengelompokkan berdasarkan tingkat pendidikan.
o
Menidentifikasi
masyarakat yang tidak memiliki minat untuk belajar.
o
Mengelompokkan
masyarakat yang memiliki minat untuk belajar dengan masyarakat yang tudak
memiliki minat untuk belajar.
·
Membuat konsep
pennyelesaian dari masalah yang ada di Desa Suka Damai Baru.
o
Mencari
buku-buku sebanyak mungkin.
o
Mengumpulkan buku-buku yang di butukan dalam
perpustakaan.
o
Mengumpulkan
buku-buku sesuai dengan kebutuhan masyarakat dari tingkat umur maupun tingkat
pendidikan.
·
Memproritaskan
masalah yang akan ditindak lanjuti.
o
Menyadarkan
masyarakat tentang pentingnya
pendidikan.
o
Menumbuhkan
semangat belajar pada diri masyarakat.
o
Membantu
masyarakat yang belum mengenal baca tulis.
o
Menumbuhkan
semangat membaca pada generasi muda dalam masyarakat tersebut (anak-anak dan
kaum muda)
o
Menumbuhkan rasa
cinta terhadap ilmu pengetahuan.
2. PERENCANAAN
ALTERNATIF PROGRAM ATAU KEGIATAN.
·
Merencanakan
konsep acara kegiatan.
o
Rapat bersama
tim atau kelompok pengembang tau fasilitator.
o
Merencanakan
sistematika acara atau program.
o
Merencanakan
durasi waktu selama pelakasanaan program.
·
Merencanakan
tahap-tahap kegiatan.
Ø Mengadakan
rapat dengan tim atau kelompok pengembang (fasilitator)
Ø Mengadakan
rapat dengan penguasa atau pemerintah yang ada di Desa Suka Damai Baru.
Ø Mengadakan
rapat bersma warga atau masyarakat setempat untuk menyambut perpustakaan dengan
bekerjasama bersama mereka.
3. PEMFORMULASIAN
RENCANA AKSI
Membuat
formula-formula atau rencana terhadap kegiatan yang akan dilaksanakan.
·
Mengadakan
sosialisasi pembelajaran tentang pentingnya pendidikan.
·
Mengadakan
gotong royong bersama masyarakat
·
Melibatkan
masyarakat dalam pembuatan perpustakan
·
Tim fasilitator
dan masyarakat saling berperan aktif
·
Mengajak
masyarakat untuk membaca buku-buku yang di sediakan oleh fasilitator
·
Membuat gemes
permainan bersama masyarakat dalam menumbuhkan minat mereka untuk membaca.
4. TAHAP
PELAKSANAAN PROGRAM ATAU KEGIATAN.
Tim
atau kelompok mulai melaksanakan program dengan datang ke Desa Suka Damai Baru,
lalu mulai bekerja sama dengan mengumpulkan masyarakat serta pemerintah
setempat, lalu membuka acara dengan sambutan, kemudian gotong royong membuat
perpustakaan di Masjid At-taqwa di Desa Suka Damai Baru, Dan mebuat taman baca
dengan berbagai games yang telah di sediakan dan direncanakan sejak awal.
5. TAHAP EVALUASI
Tim
pengembang atau fasilitator mengevaluasi seluruh kegiatan bersama serta mampu
meidentifikasi apa-apa yang kurang dan apa-apa yang belum teraplikasikan dengan
baik dan benar, sehingga kedepannya mampu berbuat lebih baik lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar